P2M-SG DI DESA TEMAJI

25 Oktober 2018 14:59:37 Admin Berita Desa

Temaji-Jenu- Program Pemberdayaan Masyarakat Semen Gresik (P2M-SG) yang diprakarsai Koalisi Perempuan Ronggolawe (KPR) sekaligus konsultan bekerjasama dengan PT Semen Indonesia (SI) berkomitmen mengentas kemiskinan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. 

Desa Temaji adalah salah satu desa yang ikut mendapatkan program P2M-SG. Dengan memanfaatkan tanggungjawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) senilai Rp.250 juta per tahun dari perusahaan untuk program pemberdayaan masyarakat. 

P2M-SG memiliki tujuan jangka panjang dan pendek, tujuan jangka panjangnya adalah SI dapat mewujudkan program secara partisipatif, mandiri dan berkelanjutan. Dalam melaksanakan program, perusahaan BUMN berkomitmen untuk membangun masyarakat yang semula kurang berdaya menjadi berdaya dan mandiri sesuai dengan visi Bersama.Melalui program ini, SI mendorong tumbuhnya para relawan masyarakat yang mampu menjadi teladan, dan inspirator masyarakat untuk turut terlibat secara aktif dalam menjamin keberhasilan pembangunan Pemerintah Daerah. Keberadaan P2M-SG di Area SI dapat memberikan peluang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk mengakses dana CSR sesuai dengan ketentuan yang berlaku.Fokus jangka pendek munculnya kesepemahaman bersama antara maksud dan strategi konsep P2M-SG.

       Menindaklanjuti Program P2M-SG tersebut Desa Temaji pada tahun 2018 ini mengajukan  pengadaan sumur bor dengan mesin pompa listrik bersekala sedang di tiga titik lahan pertanian yang tersebar di Desa Temaji dengan pertimbangan antara lain

  • 50% lahan pertanian di Desa Temaji masih tadah hujan.
  • Pentingnya pengadaan sumurboor dengan mesin pompa listrik berskala sedang di beberapa titik lahan pertanian yang tersebar di Desa Temaji.
  • Peningkatan produktifitas pertanian dan pengurangan pengangguran bisa terwujud jika lahan pertanian bisa dimanfaatkan secara optimal.

Maksud dan tujuan 

  • Ikut meningkatkan program swasembada pangan
  • Mengurangi angka pengangguran di Desa Temaji
  • Mengurangi angka kemiskinan dengan peningkatan penghasilan dari optimalisasi lahan pertanian.

Hasil /Taget yang ingin dicapai 

  • Memenuhi kebutuhan dasar lahan pertanian yang selama ini hanya mengandalkan musim penghujan.
  • Meningkatkaan produktifitas pertanian dan penambahan penghasilan bagi petani.

        Disamping  pengadaan sumur bor dengan mesin pompa listrik bersekala sedang, dana dari P2M-SG ini juga dialokasikan untuk Perbaikan sarana olah raga dengan pengurugan lapangan olah raga yang berokasi di Dusun Temaji dan Dusun Karanganyar.

"Semoga program ini dapat mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Temaji.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa

Peta Desa

Sinergi Program

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlusYouTubeInstagram

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung